PT Kereta Api Indonesia adalah salah
satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang menyelenggarakan jasa
angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia meliputi angkutan penumpang
dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang
menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi peluang untuk
mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008
PT Kereta Api Indonesia melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta
Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah
Jakarta dan sekitarnya.
Loker Juli 2015 SMA/K BUMN PT Kereta Api Indonesia – Lampung/Palembang
A. Kriteria Umum Pelamar
·
Warga
Negara Indonesia (WNI)
·
Sehat
jasmani /rohani serta tidak buta warna
·
Berkelakuan
baik
·
Berijazah
SMA/SMK dan NEM/UAN rata-rata serendah-rendahnya 6,5 (enam koma lima)
·
Usia
pelamar per 01 Juli 2015 serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun,
setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun
·
Diutamakan pria, dengan
tinggi badan minimal 160 cm, berat badan ideal
·
Tidak
terlibat narkoba atau psikotropika
·
Tidak
bertato
·
Khusus
pria tidak bertindik
·
Bersedia
ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)
·
Diutamakan
bertempat tinggal di sekitar tempat kerja PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)
·
Lulus
dalam mengikuti seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh
panitia rekrut PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) Tahun 2015.
B. Persyaratan umum lamaran
·
Fotocopy
ijazah SMA/SMK dilegalisir;
·
Fotocopy
NEM/UAN SMA/SMK dilegalisir;
·
Fotocopy
kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku;
·
Pas
foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar;
·
Foto
copy akta kelahiran / surat kenal lahir;
·
Curiculum
vitae, mencantumkan pengalaman bekerja sampai dengan saat ini;
·
Ijazah
tertinggi yang dimiliki bila ada;
·
Sertifikat
keahlian lainnya bila ada;
·
Asli
surat keterangan bebas narkoba dari kepolisian.
·
Asli
surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian yang masih berlaku;
·
Surat
pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah perusahaan bermaterai
Rp. 6.000,00 (ditulis tangan sendiri);
·
Surat
pernyataan bersedia dituntut oleh hukum yang berlaku serta dikeluarkan dari
perusahaan, apabila data yang diberikan pada saat melamar tidak benar/palsu,
bermaterai Rp. 6.000,00 (ditulis tangan sendiri);
Keterangan :
·
Persyaratan
1 s/d 8 dibawa pada saat seleksi administrasi dan kesehatan awal
·
Persyaratan
9 s/d 12 diberikan pada saat penandatangan kontrak magang. (Setelah dinyatakan
lulus semua tahap seleksi)
C. Prosedur Seleksi
1.Pelamar
datang langsung ke Kantor PT KAI Divre III
Sumatera Selatan Jl. Jend. Ahmad Yani No. 541-13 Ulu Plaju Palembang dan
Klinik
Tanjung Karang Jalan Kotaraja No 1 Tanjung Karang sebagaimana
yang ditentukan dengan membawa persyaratan :
·
Fotocopy
ijazah SMA/SMK dilegalisir;
·
Fotocopy
NEM/UAN SMA/SMK dilegalisir;
·
Fotocopy
kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku;
·
Pas
foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar;
·
Foto
copy akta kelahiran / surat kenal lahir;
·
Curiculum
vitae, mencantumkan pengalaman bekerja sampai dengan saat ini;
·
Ijazah
tertinggi yang dimiliki bila ada;
·
Sertifikat
keahlian lainnya bila ada.
2.
Berkas Lamaran dimasukkan ke dalam map sesuai formasi kelompok pekerjaan sbb:
a) map warna biru untuk kelompok
pekerjaan operasional
b) map warna merah untuk kelompok pekerjaan pemeliharaan
prasarana
c) map warna kuning untuk kelompok pekerjaan pemeliharaan
sarana.
3.
Pelamar yang memenuhi kriteria dan lulus seleksi administrasi berhak
mengikuti langsung seleksi kesehatan awal, pelaksanaan seleksi administrasi dan
kesehatan awal dilaksanakan secara bersamaan di Kantor Divre III Sumatera
Selatan dan Klinik Induk Tanjung Karang pada tanggal 06 s/d 08 Juli 2015.
4.
Pengumuman seleksi tahap I (administrasi dan kesehatan awal) akan diumumkan
sore hari, bagi peserta yang lulus untuk mengikuti seleksi tahap II (wawancara)
keesokan harinya.
D. Ketentuan Lainnya :
a.
Pelamar yang berhak mengikuti seleksi tahap selanjutnya sampai dengan akhir
seleksi adalah pelamar yang dinyatakan lulus dalam setiap tahapan seleksi.
b.
Setiap pelaksanaan seleksi, pelamar wajib membawa kartu peserta.
c.
Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun dan dihimbau untuk
mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan.
d.
Dalam tahapan proses seleksi ini berlaku sistem gugur dan keputusan panitia
tidak dapat diganggu gugat
e.
Peserta seleksi yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan, dianggap
mengundurkan diri.